" SELAMAT DATANG DI UPTD PUSKESMAS CILACAP TENGAH I . JL. KALIMANTAN NO 8 CILACAP "

LAYANAN PENDAFTARAN
Senin - Kamis : Jam 07.30 - 11.00
Jum'at : Jam 07.30 - 10.00
Sabtu : Jam 08.00 - 10.00
V I S I :
Menjadi Puskesmas yang mampu memberikan pelayanan prima di bidang kesehatan, menuju masyarakat Cilacap Tengah yang sehat

M I S I :
a. Mengembangkan pelayanan kesehatan meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif
b. Mengembangkan pelayanan kesehatan yang profesional dan bertanggung jawab
c. Mengoptimalkan SDM dan sarana prasarana pelayanan kesehatan yang dimiliki
d. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat, LSM dan swasta dalam penanganan masalah

MAKLUMAT PELAYANAN :
Dengan ini kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan, dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan memberikan kompensasi dalam bentuk pendampingan pelayanan yang diperlukan.

Rabu, 14 Desember 2011

SOSIALISASI BAHAYA ASAP ROKOK
PADA USIA REMAJA
DI KABUPATEN CILACAP TAHUN 2011

Dalam rangka mengantisipasi kecenderungan peningkatan penyakit yang disebabkan oleh asap rokok, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan "Sosialisasi bahaya asap rokok pada usia remaja "

Kepala Dinas Kesehatan Kab Cilacap (dr. Bambang Setyono, MMR) membuka acara kegiatan sosialisasi bahaya asap rokok pada usia remaja
Kepala PMKWB (dr. Marwoto, MSi)sedang memberikan materi sosialisasi bahaya asap rokok pada usia remaja
Acara tersebut dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 13 Desember 2011 bertempat di Aula Dinas Kesehatan diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari 63 pelajar putra dan 25 pelajar putri dan 12 guru konseling / guru BP.

Para peserta sosialisasi bahaya asap rokok dari berbagai Sekolah di Cilacap
Beberapa sekolah yang mengikuti kegiatan Sosialisasi bahaya asap rokok antara lain : SMAN1 Cilacap, SMAN 2 Cilacap, SMAN 3 Cilacap, SMKN 1 Cilacap, SMKN 2 Cilacap, SMK Budi Utomo, SMA Muhammadiyah, SMK Wijayakusuma, SMA Yos Sudarso, SMK Sutomo, SMA Al-Irsyad, SMK Makmur.

Seorang peserta yang aktif dalam kegiatan menanyakan hal - hal terkait kebijakan pemerintah dalam regulasi iklan rokok

Para siswa / siswi tersebut mendapatkan materi bahaya asap rokok dan upaya pencegahan dan pengendalian bahaya asap rokok pada remaja. Disamping itu siswa/siswi juga diajak berdiskusi dan diperlihatkan gambaran kondisi paru para perokok dalam sebuah film dokumenter pendek.

Seorang peserta memberikan saran agar sosialisasi bahaya asap rokok diperluas ke seluruh pelajar di Kabupaten Cilacap
Kegiatan sosialisasi bahaya asap rokok di Kabupaten Cilacap saat ini masih sebatas pada poster atau leaflet yang jumlahnya terbatas dan kurang menjangkau pada kalangan remaja, bahkan para remaja lebih banyak dipapar promosi atau iklan rokok yang sangat gencar melalui media elektronik atau media lainnya, sehingga banyak remaja yang belum memahami betul bahaya asap rokok. Hal ini sangat memprihatinkan dan membahayakan karena sifat asap rokok yang mengandung Nikotin, Tar dan CO yang akan menggerogoti kesehatan mereka.
Dua orang siswa / siswi mewakili peserta yang berdiskusi dalam mendukung dan menolak rokok bagi remaja
Berdasarkan data dari hasil riset kesehatan daerah Provinsi Jawa Tengah tahun 2007 menyebutkan bahwa masyarakat kalangan remaja mulai usia 10 tahun ke atas yang merokok setiap hari sebanyak 24,3 % dengan rata-rata rokok yang dihisap 8-9 batang, dan usia pertama kali merokok pada kisaran 15-19 tahun.
 
Senyum bahagia dari peserta yang mendapatkan doorprice dari Kepala Seksi P2P WB (Bp. Kuswantoro, SKM, MKes)
Sedangkan data penyakit tidak menular di Kabupaten Cilacap yang erat kaitannya dengan perilaku merokok pada usia muda antara lain ; Penyakit Jantung Koroner (1777 kasus), Hipertensi ( 11.336 kasus) dan Kanker bronkus paru (25 kasus).

Mengingat begitu bahayanya asap rokok tersebut, maka marilah kita bersama menjaga kesehatan kita dengan sesanti Say no to smoke., kata kepala seksi PMKWB Dinkes Cilacap (H. Kuswantoro, SKM,MKes) menutup jalannya acara sekaligus menyerahkan kenangan bagi beberapa siswa yang aktif dalam kegiatan sosialisasi bahaya asap rokok.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Ikrar Netralitas ASN Puskesmas Cilacap Tengah I pada Pemilu tahun 2024